Kontak Informasi

Sekretariat Visi Unilak Jalan Yos Sudarso Universitas Lancang Kuning

Jumpai kami di

Menindaklanjuti ketidakjelasan dari kongres Presiden Mahasiswa (Presma) dan Wakil Presma Universitas Lancang Kuning (Unilak) yang belum ada kepastian kapan akan dilaksanakanya, mulai menarik perhatian dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Selingkungan Unilak. BEM Selingkungan yang terdiri dari, BEM Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), Fakultas Kehutanan, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM), Fakultas Teknik, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang memutuskan untuk membuat petisi pada 27 Juni 2022, berisi tentang pendesakkan pelaksanaan kongres pemilihan Presiden dan wakil Presiden Mahasiswa yang selambat-lambatnya dilaksanakan dua minggu, terhitung sejak petisi tersebut diterbitkan, dengan beberapa pertimbangan yaitu:

  1. Kekosongannya struktur di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unilak terhitung kurang lebih enam bulan setelah habisnya masa berlaku S.K kepengurusan BEM Universitas Priode 2021/2022.
  2. Telah masuknya masa libur bagi seluruh mahasiswa Universitas Lancang Kuning S/D tahun ajaran Baru.
  3. Mempersiapkan kepanitianaan PAMABA dalam rangka menyambut mahasiswa baru Universitas Lancang Kuning T.A 2022/2023.
  4. Demi menjaga koordinasi dan harmonisasi antara lembaga BEM Fakultas dengan pihak BEM Universitas.
Petisi yang diserahkan ke Ketua PKM pada 01 Juli 2022

Petisi yang berisi tanda tangan dari ketua BEM selingkungan ini pun diserahkan  oleh Gubernur Teknik yaitu Dios Alferonius sebagai perwakili dari BEM Selingkungan tepat pada tanggal 01 Juli 2022 pukul 23.00 WIB lalu.

“Saya sebagai Ketua Tim BEM selingkungan Universitas Lancang Kuning membenarkan bahwa Tim BEM Selingkungan telah mengantarkan petisi ke sekre DPM Unilak dan petisi tersebut berisi tuntutan agar panitia PKM dapat melaksanakan kongres secepatnya karena terhitung sejak tanggal SK kepengurusan itu adalah bulan Januari dan sampai sekarang juga belum ada pelaksanaan pemilihan BEM Universitas di selenggarakan.” Jelas, Irvan Ardiansyah selaku Ketua tim dan juga merupakan Ketua BEM Fakultas Ekonomi.

Terkait lambannya pelaksanaan kongres BEM Unilak, yang mana dari bulan Januari 2022 hingga saat ini yaitu bulan Juli, belum adanya pelaksanaan kongres tersebut. Oleh karena itu, BEM Selingkungan berharap dengan adanya petisi ini, panitia PKM (Penyelenggaraan Kongres Mahasiswa) dapat menyelesaikan permasalahan ini. Karena, menimbang dari adanya kekosongan kepemimpinan di organisasi Unilak.

“Jadi alangkah baiknya panitia PKM cepat menyelesaikan permasalahan ini. Kita sebagai mahasiswa juga tau, apa tahapan-tahapan dalam pelaksanaan pemilihan calon.  Sampai saat ini calon-calon juga sudah mulai nampak ke permukaan. Jadi apa yang harus ditunggu lagi? Kami dari BEM Selingkungan meminta agar panitia PKM dapat melaksanakan pemilihan secepatnya. Terhitung sejak surat ini diberikan maka kami memberi  waktu dua minggu pelaksanaan kongres harus sudah dimulai. Kongres tahun ini juga disebut Semi Pemira. Jadi, jika calonnya sudah terlihat  maka harus di buka juga pendaftaran calon secepatnya.” Lanjut Irvan.

Tidak hanya itu Irvan juga menyebutkan, bahwa untuk saat ini ada sembilan Fakultas di BEM selingkungan sudah mengirimkan surat rekomendasi calon. Ketua tim sembilan Fakultas tersebut juga mengakui, bahwa surat rekomendasi tersebut diberikan sah bertanda tangan basah.

Petisi itu pun sudah diterima oleh Deny Yusandeva selaku ketua PKM yang juga merupakan Setjen dari Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Unilak. Setelah dihubungi melalui telpon Via Whatsapp Deny mengungkapkan bahwa kongres akan dilaksanakan secepat mungkin. Berdasarkan dari pertimbangan sosialisasi dan konsolidasi saat pengantaran petisi tersebut, serta juga sudah banyak terdapat perubahan dari timeline yang dibuat.

“Apapun harapan dari kawan-kawan tentunya diterima. Dan juga, saya sudah membuat dari timeline sosialisasi kemarin. Dari permintaan kawan-kawan yang meminta percepatan kongres yang awalnya timeline tersebut direncanakan bulan September,  setelah banyaknya pertimbangan dari kawan-kawan, saya sudah membuat timeline baru dan kemungkinan Insya Allah pada akhir Juli ini.” Ungkap Deny.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.