Kontak Informasi

Sekretariat Visi Unilak Jalan Yos Sudarso Universitas Lancang Kuning

Jumpai kami di

tabloidvisi.com– Ade Agus Hartanto Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau secara resmi menetapkan 7 nama komisioner terpilih untuk Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau, periode 2021-2024. Tujuh orang terpilih tersebut antara lain Falzan Surahman, Raga Perwira, Ahmad Royhan, Robert Satria, Bambang Suwarno, Mario Abdillah Khair S dan Hisam Setiawan. Dua nama yaitu, Falzan dan Hisam merupakan petahana. Satu dari tujuh orang itu di antaranya adalah Mario Abdillah Khair mantan Pimpinan Umum pertama Tabloid Visi sekaligus pendiri www.potretnews.com.

Bagi kalangan insan pers di Bumi Lancang Kuning, nama Mario Abdillah Khair bukanlah sesuatu yang asing didengar. Apalagi dia pernah dua periode dipercaya sebagai fungsionaris di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau. Pada kepengurusan masa bakti 2004-2008, Mario didapuk sebagai Ketua Seksi Seni dan Budaya. Sementara di periode 2008-2012 dia menjadi orang nomor dua yaitu sekretaris.

Dalam perjalanan kariernya sebagai wartawan (dengan status Wartawan Utama), pria kelahiran 26 Juni 1978 itu juga didaulat oleh Ketua Dewan Pers sebagai Ahli dari Dewan Pers sejak 2010, hingga sekarang. Itu sebabnya, Mario sering memberikan literasi tentang pers dalam upaya mengedukasi publik

Alumni Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning (Unilak) itu memang gemar berorganisasi. Berbagai jabatan di kampus Unilak pernah diembannya. Antara lain Koordinator Presidium Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi (SMPT), atau yang saat ini populer dengan sebutan presiden mahasiswa.

Kemudian, Mario merintis berdirinya organisasi mahasiswa pencinta alam Himapeka Waradipa Unilak, sekaligus menjadi ketua umum pertama. Selanjutnya pernah pula menduduki kursi ketua Bidang (Kabid) PTKP Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Universitas Lancang Kuning (Unilak).

Untuk di internal kampus Unilak, Mario Abdillah Khair termasuk Alumni yang antusias memberi pandangan nilai dasar perjuangan kepada Mahasiswa Unilak, baik ditataran organisasi tataran Pergerakan Mahasiswa seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atau pun organisasi di bidang Jurnalistik selain beliau pendiri Tabloid Visi yang notabene Di dahulu awalnya hanya sebatas Komunitas hingga kini diakui dan memiliki Surat Keputusan (SK) dari Rektor Unilak dan telah berkembang seiring perkembangan zaman telah memiliki portal media online tabloidvisi.com.

Arsip Dokumentasi Mario Saat Diklat Jurnalistik tingkat dasar di LPM Visi

Kepiawaian Mario Abdillah Khair selain di jurnalistik, beliau juga pernah memperjuangkan Uang operasional untuk Ormawa yang mana masih dapat dirasakan oleh pentolan mahasiswa unilak hingga saat ini.

Selepas menamatkan pendidikan dari Unilak pada 2002, Mario totalitas terjun ke dunia pers dengan bekerja di Koran Harian Media Riau. Di sana, dia dipercaya menjadi penanggung jawab halaman utama sekaligus menulis tajuk rencana (editorial).

Pada tahun keempat, tepatnya 2006, Mario pun mengakhiri tugasnya di surat kabar Harian Media Riau, berukuran mini itu. Karena, Mario Abdillah Khair mendirikan portal berita www.potretnews.com, pengembangan dari SKM POTRET.

Dibulan Desember 2021 Mewakili 3 dari Riau Mario Abdillah Khair pun dikukuhkan sebagai Ahli Pers di Banten, setelah menjalani pelatihan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published.